Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Obat Berbagai Penyakit

Kunyit dikenal sebagai suplemen makanan yang memiliki rasa dan warna khas. Ini tidak hanya digunakan sebagai bumbu di dapur, tetapi juga sering digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Tetapi pertanyaannya adalah, apakah klaim manfaat kunyit diuji secara medis?

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Obat Berbagai Penyakit


Kunyit memiliki senyawa kimia yang disebut curcumin. Dipercayai bahwa pewarna kuning dapat membantu proses penyembuhan dalam tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat ditawarkan kunyit.


Manfaat kunyit
Telah lama dipercaya bahwa manfaat kunyit membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk:


Osteoartritis.

Kunyit dikatakan membantu meringankan rasa sakit pada orang dengan osteoarthritis, yang menyebabkan persendian menjadi sakit dan kaku dan kehilangan fleksibilitasnya.

Satu studi mengatakan bahwa kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam menangani osteoarthritis. Jika Anda ingin mencoba menghilangkan rasa sakit akibat osteoarthritis, Anda dapat mengonsumsi ekstrak kunyit dengan dosis 500 mg dua kali sehari.


Kulit gatal.

Berdasarkan sebuah penelitian, kulit gatal akibat penyakit ginjal kronis dapat diatasi dengan mengonsumsi kombinasi produk yang mengandung curcumin dan ekstrak lada hitam atau lada herbal (long pepper).


Ruam Iritasi kulit akibat lichen planus dapat diatasi dengan mengonsumsi produk-produk tertentu yang mengandung kunyit.


Masalah menstruasi.

Anda sering harus melihat iklan minuman yang mengandung kunyit dan dikatakan mampu mengatasi rasa sakit menstruasi. Setelah beberapa penelitian, mengonsumsi kunyit dapat menghilangkan rasa sakit. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan ini.


Ulkus gaster. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa sakit maag dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit.
Dispepsia (maag). Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit juga dapat membantu mengurangi gejala kembung pada pasien dispepsia.


Kanker. Menurut beberapa penelitian, curcumin dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, menyebarkan kanker dan berkontribusi pada kematian sel kanker.


Kunyit telah terbukti menekan rasa sakit karena menstruasi
Cukup banyak leluhur yang menasehati putrinya untuk mengonsumsi kunyit jika mereka mengalami sakit perut akibat menstruasi atau menstruasi.

Ternyata dewan tersebut telah terbukti secara ilmiah memiliki keuntungan nyata.

Karena kurkumin dalam kunyit efektif sebagai pereda nyeri analgesik atau alami.


Sifat analgesik dapat melonggarkan kontraksi yang terjadi di rahim dan menyebabkan kram di perut. Tidak hanya itu, curcumin juga memiliki sifat mengurangi aliran ion kalsium ke dalam sel epitel uterus. Hormon yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan, prostaglandin, juga dapat dikurangi melalui produksi kurkumin.

Efek samping kunyit
Sejauh ini, tidak ada efek samping yang diamati ketika menggunakan kunyit dalam dosis rendah. Satu studi menemukan bahwa tidak ada efek samping pada orang yang mengkonsumsi 490 mg kunyit setiap hari selama seminggu.

Namun, kunyit yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan detak jantung yang tidak normal. Efek samping lain yang disebabkan oleh penggunaan kunyit yang berlebihan adalah:
Reaksi alergi seperti ruam.


Gangguan kandung empedu.
Pendarahan.
Penyakit hati.
Kontraksi rahim.
Perut dan gangguan pencernaan.
Berkurangnya kesuburan pada pria.


Penggunaan kunyit sebagai suplemen makanan dilakukan dengan hati-hati dan dihindari oleh wanita hamil dan menyusui, penderita diabetes, orang dengan gangguan pendarahan, pria yang ingin memiliki anak, orang dengan kekurangan zat besi dan pasien yang menjalani operasi.


Manfaat kunyit belum pasti, karena masih memerlukan bukti dan penelitian lebih lanjut. Namun, mengingat fakta bahwa penelitian telah dilakukan yang menempatkan nilai positif pada sifat-sifatnya, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan dengan tanaman herbal ini.

Meskipun demikian, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi kunyit sebagai pendamping perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *